PEKANBARU KRISIS GURU

Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memasuki masa krisis tenaga guru dari unsur Pegawai Negeri Sipil hingga 10 tahun mendatang.
“Jumlah sekolah negeri di Pekanbaru mencapai 517 sekolah dari SD hingga tingkat SLTA, dengan jumlah murid 189 ribu. Sedangkan guru 12 ribu orang,” ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru, Jumat (27/11).
Menurutnya, dengan rasio yang ada sekarang, Pekanbaru sudah mulai kekurangan guru PNS di sekolah yang ada di Kota Pekanbaru. Terlebih dalam jangka sepuluh tahun mendatang, di mana proses pengangkatan tiap tahunnya minim.
Firdaus membeberkan data Dinas Pendidikan menunjukkan bahwa saat ini dari 12 ribu orang guru yang ada hanya 5.091 guru PNS sementara lebih kurang 7.000 lagi adalah guru honor.
“Dari 5.091 orang guru PNS itu, tercatat 51 persen ada guru yang sudah berumur diatas 50 tahun, dan nyaris pensiun,” bebernya.
Maka Firdaus memperkirakan hingga 10 tahun ke depan lebih dari 2.500 orang guru akan pensiun di Pekanbaru. “Yang tinggal hanya 2.500 orang guru PNS lagi di Pekanbaru,” tuturnya lebih rinci.
Jika jumlah yang tersisa ini dirata-ratakan dengan waktu hingga kini didapat sekitar 200-300 guru yang pensiun setiap tahun di Pekanbaru. “Sementara pengangkatan CPNS dari tenaga guru hanya 10 persen dari jumlah itu. Dapat dibayangkan betapa besarnya persoalan pendidikan yang dihadapai ke depan nantinya,” ujar dia.
sumber : http://berita.suaramerdeka.com

G+

Tag : berita
1 Komentar untuk "PEKANBARU KRISIS GURU"

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Back To Top